Penelitian ini dijalankan guna meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) lewat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas IV SDN 3 Salumbia. Latar belakang penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh rata-rata nilai ulangan harian sebesar 6,5 dan ketuntasan klasikal sebesar 59%, yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 7,5. Penelitian ini memanfaatkan pendekatam “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di laksanakan dengan dua siklus. tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi”. Subjek penelitian Masing-masing siklus mencakup empat tahapan, yakni tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi.. sasaran penelitian ialah 15 siswa kelas IV SDN 3 Salumbia tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan keterlibatan aktif serta “prestasi belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar siswa naik dari 61,85 pada siklus pertama menjadi 75,55 pada siklus kedua... Rerata nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 61,85 pada siklus I menjadi 75,55 pada siklus II.. Ketuntasan belajar klasikal juga mengalami peningkatan dari” 40,74% menjadi 85,18%, melampaui batas KKM yang ditetapkan. Pembelajaran dengan model STAD mendorong siswa guna bekerja sama, aktif berdiskusi, serta saling membantu dalam memahami materi pembelajaran. Dengan demikian, bisa di simpulkan bahwasanya model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif di gunakan guna meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, khususnya pada materi energi alternatif.
Copyrights © 2024