Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Agregat
Vol. 4 No. 1 (2024): Edisi Mei

PERHITUNGAN TEBAL LAPIS PERKERASAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL TEBING TINGGI-PRAPAT, RUAS SERBELAWAN-PEMATANG SIANTAR

Nasution, Fanny Fatia (Unknown)
Hasibuan, Winda Sri Aton (Unknown)
Samiran, Samiran (Unknown)
Amrizal, Amrizal (Unknown)
Oktaviani, Tetra (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Jenis perkerasan kaku (rigid pavement) merupakan alternatif perkerasan di Indonesia yang cukup banyak digunakan dikarenakan cukup kuat dan tanah lebih lama dibandingkan dengan perkerasan lentur (flexible pavement). Saat ini penggunaan perkerasan kaku sudah banyak digunakan khususnya untuk jalan nasional ataupun jalan tol. Pada laporan ini, tebal lapis perkerasan kaku dihitung dengan Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 (MDPJ 2017), dengan data LHR sebagai acuan perhitungan dan beberapa faktor yang mempengaruhi perencanaan tebal perkerasan. Struktur perkerasan beton yang direncanakan dengan menggunakan ketebalan 270 mm atau 27 cm, disesuaikan dengan perhitungan perencanaan tebal perkerasan dari hasil rata-rata keseluruhan diperoleh hasil tebal pelat beton 30,5 cm lapis pondasi beton (lean concrete) 10 cm dan tebal lapis pondasi agregat kelas A sebesar 15 cm.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

agregat

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Transportation

Description

Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Agregat is an open-access peer reviewed journal that mediate the research results, case studies, and scientific reviews (applied) to scientists and practitioners in the field of Civil Engineering with scope Civil and Structural Engineeering, Earthquake Engineering, ...