Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal)
Vol. 9 No. 1 (2023): JUNE 2023

Keterampilan Bertanya dalam Proses Pembelajaran di Kelas

Waruwu, Agnes Novitasari (Unknown)
Rahmadhanty, Amelia (Unknown)
Hutagalung, Anjani (Unknown)
Sari, Indri Purnama (Unknown)
Almsy, Zumayrani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2023

Abstract

Guru sebagai pendidik memiliki tuntutan besar dan harus menguasai berbagai kompetensi atau keterampilan dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Diantara sekian hal tersebut adalah kompetensi paedagogik. Kompetensi paedagogic didasarkan kepada 8 keterampilan dasar mengajar dan diantaranya yakni keterampilan bertanya. Keterampilan bertanya kentara berkualitas karena dapat mempengaruhi tingkat partisipasi dan perhatian peserta didik dalam keaktifan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan penelusuran lebih dalam terhadap keterampilan bertanya yang diperlu diperhatikan, dikuasai serta diimplementasikan secara tepat oleh seluruh pendidikan maupun calon pendidik. Proses memperdalam informasi terjadi keterampilan bertanya dilakukan melalui studi kepustakaan dengan mengkaji berbagai sumber dan telaah terhadap berbagai sumber baik dari jurnal, buku, dokumen atau akar informasi lainnya yang relevan serta berhubungan dengan kajian keterampilan bertanya. Keterampilan bertanya secara absolud penting dikuasai oleh pendidikan karena dapat membangun pembelajaran yang menyenangkan, efektif, serta membentuk kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kualitas pertanyaan yang dikemukakan berhubungan terhadap kualitas jawaban serta menggali tingkat persepsi yang telah dikuasai oleh peserta didik. Keterampilan ini berkedudukan sebagai keterampilan pondasi guna mengembangkan keterampilan lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PAEDAGOGI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) current issues and issues about study of educational science, development of learning models, digital technologies in education, innovative learning environments, adaptive learning, gamified leaning, and results of research in the field of ...