Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal)
Vol. 9 No. 1 (2023): JUNE 2023

Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pembina Tanjung Morawa

Damanik, Suri Handayani (Unknown)
Limbong, Cristina (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah 1) untuk mengetahui bagaimana rancangan dalam pembelajaran sains; 2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran sains yang dilakukan   guru; di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dalam pembelajaran sains telah sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang seharusnya yaitu perencanaan yang berlandaskan kurikulum 2013, dengan adanya (1) identitas program, (2) materi, (3) alat dan bahan, (4) kegiatan pembukaan, (5) kegiatan inti, (6) kegiatan penutup, dan (7) rencana penilaian. Demikian pula dengan hasil pelaksanaan pembelajaran sains yang diterapkan, tahap-tahap pelaksanaan pembelajaran sains anak usia dini di TK Negeri  Pembina Tanjung Morawa  sudah terlaksana dengan baik,  terlihat pada hasil yang ditemukan pada kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan telah sesuai dengan rancangan yang dibuat, sesuai dengan pedoman, ditemukan bahwa pelaksanaan dilakukan dengan berdasakan; Sebelum Kegiatan Pembelajaran, Saat Kegiatan Pembukaan/Kegiatan Sebelum Pembelajaran, Saat Kegiatan Inti/Saat Kegiatan Pembelajaran, Kegiatan Istirahat dan Waktu Makan Minum, dan Kegiatan Penutup. Pada pelaksanaanya juga guru menerapkan pembelajaran sains dalam: 1) pengamatan (observing), 2) membandingkan (comparing), 3) mengklasifikasikan (classifying), 4) mengukur (meansuring), dan 5) mengkomunikasikan (communicating) yang sudah diterapkan dalam pembelajaran sains anak usia dini

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PAEDAGOGI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) current issues and issues about study of educational science, development of learning models, digital technologies in education, innovative learning environments, adaptive learning, gamified leaning, and results of research in the field of ...