Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi singkat tentang sampah terhadap pengetahuan mahasiswa Teknik Otomotif mengenai prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik regresi linier sederhana. Responden berjumlah 30 mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah Polusi dan Lingkungan. Data diperoleh melalui kuesioner berbasis skala Likert dan dianalisis menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov serta regresi linier sederhana pada perangkat lunak SPSS. Hasil menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan edukasi singkat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan mahasiswa mengenai 3R, dengan nilai signifikansi sebesar 0.021 dan R Square sebesar 0.176. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran lingkungan berkontribusi terhadap peningkatan pengetahuan mahasiswa otomotif mengenai pengelolaan sampah secara berkelanjutan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025