Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Vol. 9 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic

Tinjauan Literatur: Integrasi Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Fitri, Allisa Tazkia (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis alih kode dan Integrasi kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran bahasa Arab telah menjadi fokus perhatian yang signifikan di kalangan pendidik dan peneliti. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, AI menawarkan berbagai pendekatan inovatif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi tren utama dalam integrasi AI, meliputi pembelajaran adaptif, penggunaan chatbot, analisis data pembelajaran, dan penerapan teknologi Natural Language Processing (NLP) dalam konteks pembelajaran bahasa Arab. Metode penelitian dilaksanakan melalui tinjauan literatur sistematis dengan tahapan: (1) pencarian publikasi dalam database ilmiah menggunakan kata kunci tertentu, (2) penyaringan artikel berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, (3) pengambilan data dari artikel terpilih, dan (4) analisis tema untuk mengidentifikasi pola dan tren. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran adaptif berbasis AI dapat meningkatkan pengalaman belajar dengan menyesuaikan materi ajar sesuai kebutuhan individu siswa. Chatbot berbasis AI terbukti efektif memberikan umpan balik langsung yang memperkuat keterampilan berbicara dan mendengarkan. Analisis data interaksi siswa memungkinkan pendidik mengidentifikasi kesulitan spesifik dan menyesuaikan metode pengajaran secara tepat. Sementara itu, teknologi NLP berkontribusi signifikan dalam memperkaya penguasaan kosakata dan pemahaman tata bahasa. Kesimpulannya, integrasi AI dalam pembelajaran bahasa Arab memiliki potensi besar untuk meningkatkan hasil belajar, meskipun tantangan implementasi seperti infrastruktur teknologi dan kebutuhan pelatihan pengajar masih perlu diatasi. Implikasi dari penelitian ini mengarah pada pentingnya pengembangan strategi integrasi AI yang berkelanjutan dan kontekstual, serta kebutuhan akan kolaborasi antara ahli bahasa Arab, pakar pendidikan, dan pengembang teknologi untuk memaksimalkan manfaat AI dalam pembelajaran bahasa Arab.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan scholastic merupakan Jurnal tentang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan scholastic (JIPS) Menerbitkan jurnal ilmiah secara berkala pada bulan April, Agustus dan Desember. JIPS menerbitkan makalah penelitian, makalah Pendidikan. Edisi pertama JIPS diterbitkan pada tahun ...