Artikel ini bertujuan untuk; mengetahui apakah ada pengaruh internalisasi physical literacy melalui pembelajaran PJOK melalui project based learning terhadap physical fitness related health peserta didik. Metode yang diambil yaitu experiment dengan teknik Pretest-Posstest control Group Design, dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 113 dan diambil sampel sebanyak 93 peserta didik dengan teknik purposive sampling. Hasil uji Mann Whitneyy diperoleh bahwa nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0.05 atau Sig. (2-tailed) (0,000)  0.05 yang artinya ada perbedaan yang signifikan kebugaran jasmani terkait kesehatan antara kelas eksperimen (internalisasi literasi fisik berbasis PjBL) dengan kelas kontrol (komando). Disimpulkan bahwa internalisasi literasi fisik pada pembelajaran PJOK berbasis PjBL secara signifikan memberikan pengaruh positif terhadap kebugaran jasmani terkait kesehatanpeserta didik kelas XI
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025