Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Vol 9, No 2 (2025): Journal of S.P.O.R.T

Physical Fitness Related Health: Internalisasi Physical Literacy Melalui Pembelajaran PJOK Berbasis Project Based Learning

Wahyudi, Raihan (Unknown)
Kahri, Ma'ruful (Unknown)
Mashud, Mashud (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk; mengetahui apakah ada pengaruh internalisasi physical literacy melalui pembelajaran PJOK melalui project based learning terhadap physical fitness related health peserta didik. Metode yang diambil yaitu experiment dengan teknik Pretest-Posstest control Group Design, dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 113 dan diambil sampel sebanyak 93 peserta didik dengan teknik purposive sampling. Hasil uji Mann Whitneyy diperoleh bahwa nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0.05 atau Sig. (2-tailed) (0,000)  0.05 yang artinya ada perbedaan yang signifikan kebugaran jasmani terkait kesehatan antara kelas eksperimen (internalisasi literasi fisik berbasis PjBL) dengan kelas kontrol (komando). Disimpulkan bahwa internalisasi literasi fisik pada pembelajaran PJOK berbasis PjBL secara signifikan memberikan pengaruh positif terhadap kebugaran jasmani terkait kesehatanpeserta didik kelas XI

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sport

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Artikel yang diterbitkan pada Journal of S.P.O.R.T melingkupi berbagai macam penelitian yang bertema olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga rekreasi. Olahraga pendidikan melingkupi : Model pembelajaran penjas, metode pembelajaran penjas, dan yang berkaitan dengan olahraga pada tingkat ...