Berdasarkan observasi ditemukan hasil bahwa siswa cenderung kurang bersemangat dalam pembelajaran matematika dan metode pembelajaran yang tidak sesuai sehingga siswa sulit memahami materi. Pembelajaran dengan media kotak ajaib merupakan suatu cara yang efektif untuk membantu membuat suasana kelas lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media kotak ajaib dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP PGRI 6 Malang yang berjumlah 23 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan media kotak ajaib. Hal ini dapat dilihat dari sebelum penerapan media media kotak ajaib hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan adalah 43,8% kemudian yang tidak mencapai kriteria ketuntasan adalah 56,2%. Setelah menggunakan media kotak ajaib dapat diketahui hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus pertama yaitu 69,56% namun belum mencapai kriteria ketuntasan minimum seperti yang diterapkan di sekolah yaitu 72. Maka dilanjutkan siklus kedua tes hasil belajar siswa mencapai kriteria ketuntasan 82,60%. Dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VIIB SMP PGRI 6 Malang.
Copyrights © 2025