Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level kemampuan membaca serta faktor-faktor yang mendukung kemampuan membaca siswa kelas tinggi di SDN 5 Montong Betok Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas IV, V, dan VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa secara umum berada pada kategori sangat baik, dengan sebagian besar siswa mencapai level cerita level tertinggi dalam kemampuan membaca. Faktor-faktor yang mendukung capaian ini meliputi: (1) motivasi belajar dan minat baca siswa, (2) strategi pembelajaran guru yang adaptif, (3) pembiasaan membaca pagi dan bimbingan individual, (4) ketersediaan bahan bacaan yang menarik, serta (5) peran aktif orang tua dan lingkungan rumah yang kondusif. Kolaborasi antara sekolah, guru, orang tua, dan lingkungan sekitar berperan penting dalam menciptakan budaya literasi dan mendorong siswa mencapai kemampuan membaca yang optimal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025