Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN DOROMUKTI melalui penggunaan media papan pecahan. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep pecahan, yang berdampak pada hasil belajar mereka. Peneltitian ini menggunakan metode PTK 2 siklus, yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Media papan pecahan diperkenalkan untuk membantu siswa memahami konsep pecahan secara visual dan interaktif. Data yang diperoleh melalui tes pencapaianl belajar siswa, observasi, dan angket. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan media papan pecahan mampu meningkatkan motivasi serta pemahaman siswa. Nilai hasil belajar siswa menunjukkan tren peningkatan dari pra siklus, siklus I, hingga siklus II. Pada tahap pra siklus, hanya 3 siswa atau sekitar 27,27% yang berhasil mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), kemudian pada Siklus 1 terdapat 7 peserta didik atau 72,7% mengalami peningkatan hasil belajar, kemudian diperbaiki pada Siklus 2 terdapat 10 peserta didik atau 90,9% meningkat hasil belajarnya. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa penerapan media yang efektif bisa berkontribusi signifikan untuk peningkatan hasil belajar matematika siswa. Diharapkan, hasil dari penelitian ini mampu dijadikan acuan bagi guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif.
Copyrights © 2025