Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

Penerapan Metode Jarimatika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Dalam Mengoptimalisasi Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Rintanlintarisaputri (Unknown)
A. Heryanto (Unknown)
Sunedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2025

Abstract

Masalah pada penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada di SD Negeri 89 Palembang, yaitu siswa cenderung kurang aktif dan kurang tertarik dalam pembelajaran Matematika, siswa kurang memperhatikan dan asik mengobrol, siswa kesulitan dalam mengerjakan soal operasi bilangan penjumlahan dan pengurangan, dan kemampuan berhitung anak masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan metode jarimatika materi penjumlahan dan pengurangan dalam mengoptimalisasi kemampuan berhitung siswa kelas II SD Negeri 89 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, pengumpulan data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode jaritmatika memberikan dampak positif pada peningkatan kemampuan berhitung siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan. Respon siswa pada penerapan metode jarimatika materi penjumlahan dan pengurangan dalam menoptimalisasi kemampuan berhitung siswa kelas II SD Negeri 89 Palembang sangat positif, dimana rata-rata skor jawaban siswa sebesar 3,6 dengan kategori sangat baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...