Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 6 KLAMPOK

Abhista Salsabila (Unknown)
Aji Heru Muslim (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap toleransi dan prestasi belajar peserta didik melalui model PBL dengan bantuan media animasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan subjek penelitian berjumlah sebanyak 16 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar evaluasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan sikap toleransi dan prestasi belajar peserta didik dengan bertahap. Pada siklus pertama, sikap toleransi mencapai persentase ketuntasan sebesar 43,75% dan pada siklus kedua persetase ketuntasan meningkat sebesar 81,25%. Prestasi belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, siklus pertama menghasilkan nilai rata-rata 64,68 dengan tingkat ketuntasan 53,12% dengan kriteria cukup, siklus kedua nilai rata-rata 82,06 dengan tingkat ketuntasan 81,25% dengan kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa model PBL berbantuan media animasi dapat meningkatkan sikap toleransi dan prestasi belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...