Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dengan pendekatan teacing at the right level (TaRL) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest dimana hanya dilakukan pada satu sekolah tanpa adanya pembanding. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 06 Pasir Jambak yang berjumlah 31 orang. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik convenience sampling yaitu sampel tersebut ada pada tempat dan waktu yang tepat. Data penelitian ini berupa kemampuan membaca pemahaman yang dikumpulkan dengan tes objektif pilihan ganda yang dirancang sesuai dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa setelah penerapan strategi DRTA dengan pendekatan TaRL. Rata-rata nilai posttest (84,35) lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai pretest (80,32). Analisis statistik menggunakan uji t berpasangan (paired t-test) menunjukkan nilai signifikan (Sig. = 0.005 < 0.05) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pretest dan posttest. Dapat disimpulkan bahwa strategi DRTA dan pendekatan TaRL berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V Sekolah Dasar.
Copyrights © 2025