Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 9 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Edisi Juni 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantu Media Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn Kelas XI SMAN 6 Muaro Jambi

Fadilla Mulia (Unknown)
Firman (Unknown)
Dona Sariani (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran probing prompting berbantuan media question card terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PPKn kelas XI SMAN 6 Muaro Jambi. Menggunakan desain control group pretest-posttest, penelitian membandingkan hasil antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran berbasis probing prompting dengan bantuan question card, sedangkan kelompok kontrol diajar dengan metode ceramah konvensional. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis pada kelompok eksperimen, dengan nilai rata-rata 71,67, simpangan baku 11,02, dan varians 121,51. Sementara kelompok kontrol memperoleh rata-rata 63,38, simpangan baku 12,7, dan varians 161,04. Uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (12,37 > 2,02), yang menandakan perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, model pembelajaran probing prompting berbantuan question card terbukti efektif dan direkomendasikan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PPKn.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kewarganegaraan

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan berisikan tentang hasil penelitian pada bidang ke-PKN-an meliputi kajian tentang pendidikan, politik, HAM, startegi dan metode pembelajaran ...