Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran diferensiasi dalam meningkatkan sikap toleransi siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Pembelajaran diferensiasi dirancang sesuai minat dan gaya belajar siswa dengan penyesuaian konten, proses, dan produk. Sikap toleransi adalah sikap saling menghargai perbedaan untuk mencapai kedamaian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi Experiment, menguji hubungan sebab akibat antara pembelajaran diferensiasi (variabel X) dan sikap toleransi (variabel Y). Data dikumpulkan melalui angket, studi dokumentasi, dan observasi. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran diferensiasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan sikap toleransi siswa, terutama di kelas eksperimen X-6, yang mengalami peningkatan signifikan dalam sikap toleransi berdasarkan hasil uji statistik. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Sikap Toleransi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024