Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 8 No 2 (2024): Volume 8 Nomor 2 Edisi Desember 2024

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PPKN MELALUI PENDEKATAN TPACK DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 PEMATANGSIANTAR

Siboro, Ruth Lidya (Unknown)
Jamaludin (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2024

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran PPKn melalui pendekatan TPACK untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pematangsiantar. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperiment yakni untuk melihat hubungan sebab akibat antara variable independent (Pendekatan TPACK sebagai variabel X) dan variable dependent (kemampuan berpikir kritis sebagai variabel Y). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket pretest dan posttest, wawancara, serta dokumentasi. Sample pada penelitian ini ditentukan dengan purposive sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-7 sebagai kelas eksperimen dan VII-4 sebagai kelas kontrol.  Data-data yang ditemukan dianalisis secara statistik dengan analisis deskriptif dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS, uji normalitas, uji paired, sample t-test, uji homogitas, dan uji independent sample t-test. Seluruh uji yang dilakukan diolah menggunakan SPSS Versi 16.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan terhadap berpikir kritis siswa yang menerima pembelajaran dengan pendekatan TPACK atau kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata (mean) postest berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 51.83 dan meningkat menjadi 83.83. Oleh karena itu, penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pembelajaran PPKn melalui Pendekatan TPACK memiliki pengaruh dan efektivitas dalam meningkatkan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pematangsiantar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kewarganegaraan

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan berisikan tentang hasil penelitian pada bidang ke-PKN-an meliputi kajian tentang pendidikan, politik, HAM, startegi dan metode pembelajaran ...