Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 9 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Edisi Juni 2025

Strategi Guru PPKn Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural Pada Siswa Kelas XI SMA Swasta Sultan Agung Pematangsiantar

Siahaan, Cici (Unknown)
Kabatiah, Maryatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai multikultural kepada siswa kelas XI di SMA Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dilaksanakan di sekolah yang berlokasi di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara. Subjek penelitian meliputi guru PPKn dan 20 siswa. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi sebagai data primer, serta buku dan jurnal sebagai data sekunder. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi pembelajaran komunikatif dan aktif, seperti diskusi, refleksi, ceramah, pembiasaan, dan kuis, untuk menanamkan nilai seperti keterbukaan, kemanusiaan, toleransi, tolong-menolong, dan keadilan. Kendala yang dihadapi mencakup rendahnya perhatian orang tua, lingkungan kurang mendukung, serta fanatisme dan egoisme. Oleh karena itu, kolaborasi antara guru dan siswa menjadi penting dalam memperkuat penerimaan terhadap keberagaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kewarganegaraan

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan berisikan tentang hasil penelitian pada bidang ke-PKN-an meliputi kajian tentang pendidikan, politik, HAM, startegi dan metode pembelajaran ...