Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui pengaruh dan efektifitas teknik small group discussion dalam meningkatkan civic intelligence siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah SMP Negeri 4 Binjai. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain quasi. Sampel yaitu peserta didik kelas VII 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) teknik small group discussion berpengaruh dalam meningkatnya civic intelligence siswa pada kelas eksperimen. (2) efektivitas teknik small group discussion dalam meningkatkan civic intelligence siswa pada kelas eksperimen dan kontrol dapat dilihat dari keempat aspek civic intelligence yaitu: kecerdasan intelektual, kelas eksperimen 78%, kelas kontrol 70%, kecerdasan emosional, kelas eksperimen 86%, kelas kontrol 81%, kecerdasan spiritual, kelas eksperimen 89%, kelas kontrol 89% serta kecerdasan moral, kelas eksperimen 82%, kelas kontrol 68%. Dengan total keseluruhan civic intelligence kelas eksperimen sebesar 84% sedangkan kelas kontrol 77%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025