Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 9 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Edisi Juni 2025

Perspektif Baru Moderasi Beragama Dalam Dinamika Kehidupan Kota Pontianak

Wahyuni, Sri (Unknown)
Musmulyadi (Unknown)
Maskuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Moderasi beragama merupakan pendekatan yang menekankan toleransi, saling menghormati, dan dialog antar pemeluk agama untuk menciptakan harmonis sosial. Artikel ini mengeksplorasi penerapan moderasi beragama dalam konteks sosial dan budaya Kota Pontianak, dengan fokus pada peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam memfasilitasi dialog antar agama di tengah keragaman etnis dan agama yang ada. Kajian pustaka ini menunjukkan bahwa   beragama memiliki peranesensial dalam menjaga hubungan antar komunitas, menyelesaikan konflik berbasis agama,dan membangun lingkungan damai. Melalui pendidikan berbasis nilai-nilai toleransi, dialog lintas agama, serta dukungan pemerintah dan Lembaga keagamaan, moderasi beragama terbukti menjadi strategi efektif yang difasilitasi oleh FKUB untuk mengatasi tantangan keragaman. Pendidikan dan peran serta FKUB dalam program-program dialog antar agama, seperti festival budaya yang melibatkan berbagai komunitas agama, telah Memperkuat interaksilintas agama dan meminimalisir ketegangan sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kewarganegaraan

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan berisikan tentang hasil penelitian pada bidang ke-PKN-an meliputi kajian tentang pendidikan, politik, HAM, startegi dan metode pembelajaran ...