Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol. 5 No. 2 (2025): Mei

PENGARUH PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA PROGRAM AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

Nur Fadilah (Unknown)
Muhammad Azis (Unknown)
M. Ridwan Tikollah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program pendidikan karakter terhadap kedisiplinan siswa program akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa program akuntansi SMK Negeri 1 Makassar yang berjumlah 437 siswa, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 81 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif presentase, uji instrument, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh model persamaan regresi linear sederhana Y = 42,292 + 0,276 X yang berarti tiap pertambahan satu nilai program pendidikan karakter, maka kedisiplinan siswa program akuntansi SMK Negeri 1 Makassar bertambah sebesar 0,276 satuan. Dari hasil analisis uji-t bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti variabel program pendidikan karakter signifikan terhadap kedisiplinan siswa SMK Negeri 1 Makassar. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dinyatakan “diterima”. Dari hasil analisis koefisien determinasi (KD) diperoleh nilai R2 =39%. Hal ini berarti bahwa program pendidikan karakter memiliki kontribusi atau pengaruh terhadap kedisiplinan siswa sebesar 39 persen sedangkan sisanya 61 persen dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edunomia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in ...