Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji unsur-unsur dan kesulitan dalam menerapkan kebiasaan konsumsi sebagai hasil dari kampanye kesadaran iklim media sosial yang dilakukan oleh Masyarakat Kota Makassar. Sebagian masyarakat didorong untuk mengubah kebiasaan pembelian yang lebih berkelanjutan sebagai hasil dari meningkatnya kesadaran, seperti mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan memilih produk yang ramah lingkungan. media sosial berhasil meningkatkan kesadaran, mempertahankan perubahan tetaplah sulit. Hambatan signifikan untuk mempertahankan konsumsi berkelanjutan mencakup hal-hal seperti keterbatasan finansial, kurangnya aturan pemerintah dan dukungan infrastruktur, serta tren media sosial yang berubah dengan cepat. Kesadaran publik sangat dipengaruhi oleh generasi muda dan media sosial sebagai alat kampanye.Kata kunci: konsumsi berkelanjutan. Perubahan perilaku konsumsi, perubahan iklim, kampanye media sosial.
Copyrights © 2025