AbstrakPutri Brasil Puang Maharani, 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Round Club Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Mandai Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar dibimbing oleh Andi Adam dan Rahmatiah. Masalah utama penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Round Club terhadap keterampilan berbicara siswa UPT SPF SD Inpres Mandai Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Round Club terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Mandai Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen bentuk Pretest Posttest Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Round Club Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Mandai Kota Makassar. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Mandai Kota Makassar sebanyak 23 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV sebelum diterapkan model pembelajaran Round Club yang tuntas secara individual dari 23 siswa hanya 8 siswa atau 34,78% yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau berada pada kategori rendah. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata pretest adala 62,6%. Sedangkan pada saat menerapkan model pembelajaran Round Club yang tuntas secara individual dari 23 siswa terdapat 21 siswa atau 91,30% telah memenuhi KKM dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai rata-rata posttest yang diperoleh sebesar 85,2% dikategorikan tinggi. Hal ini membuktikan bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Round Club Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Mandai Kota Makassar.Kata Kunci : Pra-Eksperimen, Model Round Club dan Keterampilan Berbicara
Copyrights © 2025