JIMT: Jurnal Informatika, Multimedia dan Teknik
Vol 1 No 2 (2025): Januari-Juni 2025

Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Mempelajari Teorema Divergensi pada Mata Kuliah Kalkulus Vektor

Fadiah, Anisah Syu’la (Unknown)
Siregar, Bella Nanda (Unknown)
Sari, Kartika Puspita (Unknown)
Narpilla, Suci Dahlya (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar yang dialami mahasiswa dalam memahami dan menerapkan teorema divergensi pada mata kuliah Kalkulus Vektor. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika pada salah satu kelas di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi tugas mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami beberapa kesulitan utama, yaitu dalam memahami konsep dasar teorema divergensi, menghubungkan teori dengan visualisasi vektor di ruang tiga dimensi, serta dalam penggunaan notasi matematis dan operasi integral ganda. Faktor-faktor penyebab kesulitan tersebut antara lain adalah keterbatasan pemahaman konsep prasyarat, kurangnya latihan soal kontekstual, dan metode pengajaran yang masih bersifat teoritis. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan aplikatif dalam mengajarkan materi teorema divergensi di perguruan tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jimt

Publisher

Subject

Automotive Engineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering Engineering

Description

Jurnal Informatika, Multimedia dan Teknik (JIMT) adalah publikasi ilmiah yang berfokus pada penyebaran hasil penelitian terbaru dan pengembangan teknologi di bidang informatika, multimedia, dan teknik. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk berbagi ...