Desultanah: Journal Education and Social Science
Vol. 3 No. 1 (2025): Desultanah: Journal Education and Social Science

Uji Kepraktisan Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbentuk E-Modul berbasis TPACK dan PhET Simulation dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa SMA/MA di Kota Banda Aceh

Fitriyawany, Fitriyawany (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kepraktisan pengembangan bahan ajar Fisika berbentuk e-modul berbasis TPACK dan PhET Simulation dalam meningkatkan literasi Digital siswa SMA/MA di Banda Aceh. Penelitian ini merupakan lanjutan penelitian Research & Development yang telah dikembangkan sebelumnyua setelah dilakukan uji kelayakan dan uji coba dalam skala kecil. Instrument penilaian kepraktisan e-modul telah diselesaikan dengan melakukan beberapa tahapan revisi produk sehingga e-modul yang dikembangkan praktis digunakan dalam pembelajaran. Instrumen penilaian kepraktisan terdiri dari angket respon guru dan angket respon siswa. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 30 orang siswa dan 10 orang guru fisika SMA/MA di Kota Banda Aceh. Instrumen kepraktisan yang digunakan terdiri dari enam indikator: (1) tampilan menarik, (2) kesesuaian isi dengan indikator pembelajaran, (3) kemudahan penggunaan link aplikasi/media, (4) kemudahan pemahaman isi, (5) keruntutan materi, dan (6) peningkatan literasi digital dan etika digital. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket. Hasil menunjukkan bahwa e-modul memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata skor kepraktisan dari guru sebesar 87,20% dan dari Siswa sebesar 87,50%. E-modul ini terbukti mudah digunakan, relevan dengan konten kurikulum, serta mampu mendukung peningkatan literasi digital siswa dalam pembelajaran Fisika SMA/MA di Kota Banda Aceh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

desultanah

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Desultanah: Journal Education and Social Sciences is dedicated to publishing high-quality original research and scholarly conceptual papers addressing issues in education and learning within the social sciences, both in school settings and the broader study of social phenomena. The journal welcomes ...