Jurnal Keperawatan Suaka Insan
Vol. 10 No. 1 (2025): Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI)

EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG BANTUAN HIDUP DASAR MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN KADER

Maria, Insana (Unknown)
Wardhani, Annalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2025

Abstract

Garda terdepan masyarakat dengan adanya kader sebagai upaya penatalaksanaan bantuan hidup dasar dalam henti jantung dan henti napas merupakan suatu bentuk untuk penyelamatan nyawa. Penelitian ini bertujuan mengetahuai efektivitas pendidikan kesehatan tentang bantuan hidup dasar menggunakan media audio visual terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan kader di Kecamatan Astambul. Metode quasy experimental desain penelitian dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelompok perlakuan sebanyak 30 responden akan diberikan perlakukan penggunakan media audiovisual dalam penanganan Bantuan Hidup Dasar dan kelompok kontrol sebanyak 30 orang akan diberkan pendidikan kesehatan tentang penanganan Bantuan Hidup Dasar. Hasil penelitian diketahui menunjukkan bahwa uji t kelompok perlakuan taraf signifikan 0.05 sebesar 1.765, sedangkan hasil perhitungan sebesar 2.767 pada nilai pre test dan 4.235 pada nilai post-test. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t hitung > t table, maka  dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima yang artinya nilai rata-rata kelompok perlakuan lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor post tes kemampuan untuk melakukan Bantuan Hidup Dasar sebagian besar meningkat dibandingkan hasil pre tes. Simpulan: kegiatan pemberdayaan kader akan terus ditindaklanjuti dalam upaya menungkatkan kualitas dan harapan individu terutama dalam situasi gawat daruratan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jksi

Publisher

Subject

Nursing

Description

Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI) is a scientific publication journal that is published every six months (June and December) using peer review method for article selection. It is intended for practitioners, academics, professionals, students or the general public who are involved and interested ...