SRODJA
Vol 2 No 2 (2025): Juli

PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING DI BRI KCP UNIVERSITAS JEMBER

Ratnasari, Dwi (Unknown)
Supranoto, Supranoto (Unknown)
Wahyudi, Edi (Unknown)
Oktawirani, Panca (Unknown)
Kristianto, Wheny (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kepercayaan, dan Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap minat nasabah menggunakan layanan mobile banking di Bank Rakyat Indonesia KCP Universitas Jember. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan   kepada nasabah bank yang menggunakan layanan mobile banking. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan uji t untuk mengevaluasi pengaruh variabel-variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil uji menunjukkan bahwa Persepsi Manfaat dan Persepsi Kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking, sesuai dengan prediksi TAM. Namun, Persepsi Kemudahan Penggunaan tidak terbukti memiliki pengaruh signifikan dalam konteks sampel ini. Selain itu, uji simultan (uji F) menegaskan bahwa secara keseluruhan, variabel-variabel independen secara bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap variabilitas minat nasabah. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya bank untuk memperkuat persepsi manfaat dan kepercayaan nasabah terhadap layanan mobile banking melalui strategi pemasaran yang tepat dan peningkatan keamanan sistem. Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah, bank dapat meningkatkan adopsi teknologi perbankan digital dengan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

srodja

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

SRODJA (Sroedji Journal Administration) published by Universitas Moch. Sroedji with E-ISSN number : 3046-5303 provides a forum for researchers to publish their research & innovative ideas in the field of Public Administration which is currently continuing to develop. This dynamic growth offers many ...