Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 2 No. 3 (2025): JUNI-JULI 2025

Boarding School sebagai Strategi Pembentukan Karakter di MTsN 4 Jakarta

Anbiya Nur Hibatullah (Unknown)
Abdul Haris Fatgehipon (Unknown)
Martini Martini (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter siswa melalui strategi boarding school di MTsN 4 Jakarta. Sistem boarding school menyediakan lingkungan terkontrol dan terpadu antara pendidikan formal dan nonformal, sehingga memungkinkan internalisasi nilai-nilai karakter secara lebih efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi boarding school untuk pembentukan karakter dilaksanakan melalui: (1) Strategi Organisasi, dengan perumusan visi, misi, tujuan, dan prinsip yang jelas; (2) Strategi Program, melalui pembinaan keagamaan, keasramaan, dan kebahasaan; (3) Strategi Pendukung Sumber Daya, meliputi kualitas musyrif dan kelengkapan fasilitas; serta (4) Strategi Kelembagaan, mencakup komunikasi internal dan hubungan eksternal yang terjalin. Strategi ini selaras dengan teori strategi Jack Kooten (Riawan, 2024). Sehingga secara keseluruhan, boarding school terbukti efektif dalam membentuk karakter siswa, baik dari aspek spiritual, sosial, maupun kedisiplinan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan pengasuh asrama guna mengoptimalkan hasil pembinaan karakter.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...