Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter siswa melalui strategi boarding school di MTsN 4 Jakarta. Sistem boarding school menyediakan lingkungan terkontrol dan terpadu antara pendidikan formal dan nonformal, sehingga memungkinkan internalisasi nilai-nilai karakter secara lebih efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi boarding school untuk pembentukan karakter dilaksanakan melalui: (1) Strategi Organisasi, dengan perumusan visi, misi, tujuan, dan prinsip yang jelas; (2) Strategi Program, melalui pembinaan keagamaan, keasramaan, dan kebahasaan; (3) Strategi Pendukung Sumber Daya, meliputi kualitas musyrif dan kelengkapan fasilitas; serta (4) Strategi Kelembagaan, mencakup komunikasi internal dan hubungan eksternal yang terjalin. Strategi ini selaras dengan teori strategi Jack Kooten (Riawan, 2024). Sehingga secara keseluruhan, boarding school terbukti efektif dalam membentuk karakter siswa, baik dari aspek spiritual, sosial, maupun kedisiplinan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan pengasuh asrama guna mengoptimalkan hasil pembinaan karakter.
Copyrights © 2025