Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII dengan penerapan media permainan Uno Stacko sebagai media pembelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 74 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart dengan menggunakan model Spiral yang terdiri dari tiga siklus. Teknik pengumpulan data melalui tes (pre-test dan post-test) dan non tes (observasi, dan dokumentasi). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII F dengan jumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media permainan Uno Stacko sebagai media pembelajaran IPS efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil post-test yang mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Pada siklus 1, persentase ketuntasan hasil belajar adalah 71,875%, pada siklus 2 menjadi 78,125%, dan pada siklus 3, persentase ketuntasan hasil belajar mencapai 87,5%. Selain itu, penerapan permainan Uno Stacko juga memberikan dampak positif pada peningkatan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas.
Copyrights © 2025