Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis budaya lokal terhadap minat belajar taruna/i di Politeknik Penerbangan Medan. Dalam menghadapi era globalisasi, penting bagi institusi pendidikan untuk mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal ke dalam proses pembelajaran guna memperkuat identitas dan karakter peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi budaya lokal dalam pembelajaran Bahasa Indonesia memberikan dampak positif terhadap sikap dan keterlibatan taruna/i. Pembelajaran menjadi lebih kontekstual, bermakna, dan relevan dengan kehidupan mereka. Taruna/i menunjukkan peningkatan minat belajar yang ditunjukkan melalui keaktifan dalam diskusi, kehadiran yang konsisten, serta kualitas tugas akhir yang lebih baik. Peran dosen sebagai fasilitator dan inovator dalam mendesain pembelajaran berbasis budaya lokal sangat menentukan keberhasilan pendekatan ini. Oleh karena itu, pembelajaran berbasis budaya lokal tidak hanya efektif dalam pengembangan kompetensi bahasa, tetapi juga dalam menanamkan nilai-nilai budaya dan membentuk karakter kebangsaan taruna/i.
Copyrights © 2025