Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 2 (2025): Volume 8 No. 2 Tahun 2025

PENGARUH PROGRAM MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Ramadhani, Deby Luthfiah (Unknown)
Kunaenih, Kunaenih (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk generasi muda yang disiplin, beretika, dan bertanggung jawab. Salah satu upaya awal dalam membentuk karakter peserta didik adalah melalui Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), yang dirancang untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah sekaligus menanamkan nilai-nilai moral seperti kejujuran, integritas, dan rasa hormat terhadap perbedaan. Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan langkah awal yang strategis dalam membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah serta menanamkan nilai-nilai karakter positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) terhadap pembentukan karakter peserta didik di MTs Tapak Sunan Jakarta. Pengaruh ini diukur dengan menggunakan metode statistik korelasi, yang menghasilkan nilai korelasi sebesar 0,496, menunjukkan tingkat pengaruh yang sedang atau cukup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program MPLS memiliki pengaruh terhadap pembentukan karakter peserta didik, yang dapat dilihat dari peningkatan proses pembelajaran yang lebih kondusif dan memotivasi. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa Program MPLS berpengaruh sebesar 49,59% terhadap pembentukan karakter peserta didik. Beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan MPLS antara lain kondisi lingkungan siswa, peran guru, fasilitas sekolah, dan perilaku siswa-siswi yang terlibat selama kegiatan berlangsung. Oleh karena itu, diharapkan bahwa program MPLS dapat terus berkontribusi dalam menciptakan pembentukan karakter peserta didik yang lebih baik, serta menjadi langkah penting dalam mendukung karakter positif siswa di MTs Tapak Sunan Jakarta.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...