Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi melalui penerapan metode diskusi di kelas X SMA Muhammadiyah 9 Makassar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran Sosiologi yang selama ini masih didominasi oleh metode ceramah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 18 siswa kelas X yang menjadi peserta selama dua siklus pembelajaran, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan meliputi angket minat belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Pada siklus I, hanya 56% siswa yang menunjukkan peningkatan minat belajar, namun pada siklus II meningkat menjadi 78%. Rata-rata skor angket minat belajar siswa meningkat dari 62,7 (pra-siklus) menjadi 82,3 (siklus II). Peningkatan ini juga diperkuat oleh hasil observasi yang menunjukkan peningkatan keterlibatan siswa dalam diskusi kelompok. Temuan ini menegaskan bahwa metode diskusi mampu menciptakan suasana belajar yang partisipatif, komunikatif, dan kontekstual, serta mendorong keterampilan berpikir kritis dan kerja sama. Dengan dukungan peran guru yang aktif sebagai fasilitator serta desain pembelajaran yang sistematis, metode diskusi dapat menjadi alternatif efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Sosiologi dan membentuk karakter sosial siswa di era pendidikan abad ke-21.
Copyrights © 2025