Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pengembangan modul ajar Sosiologi dengan pendekatan Model Four-D (Define, Design, Develop, Disseminate) melalui metode studi literatur. Permasalahan utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah masih terbatasnya modul ajar sosiologi yang dikembangkan secara sistematis dan terstruktur sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad ke-21. Studi ini menelaah berbagai hasil penelitian terdahulu yang berfokus pada inovasi bahan ajar sosiologi, baik berbasis digital, kontekstual, maupun berbasis proyek dan budaya lokal. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang inovatif seperti blog, flipbook, articulate storyline, permainan edukatif, hingga platform digital seperti Quipper School mampu meningkatkan motivasi, minat, dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sosiologi. Namun demikian, penerapan model Four-D dalam pengembangan modul sosiologi masih belum banyak ditemukan secara komprehensif dalam literatur. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam menawarkan dasar konseptual untuk pengembangan modul ajar sosiologi berbasis model Four-D. Pendekatan ini diharapkan dapat membantu pendidik dalam merancang bahan ajar yang tidak hanya informatif, tetapi juga kontekstual, menyenangkan, dan mudah diterapkan dalam berbagai kondisi pembelajaran. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut berupa pembuatan dan uji validasi produk modul berdasarkan hasil studi literatur yang telah dilakukan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025