Materi ikatan kimia dalam pembelajaran kimia sering dianggap sulit dipahami siswa karena bersifat abstrak, yang berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media pembelajaran berbasis teknologi dalam bentuk E-Modul yang dikembangkan menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain survei. Subjek penelitian melibatkan dua guru sebagai rater dan 27 siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Gomo. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, serta angket respon siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran sangat layak digunakan, dengan nilai kelayakan dari aspek materi sebesar 88,89%, aspek media 91,25%, dan aspek bahasa 91,25%. Respon siswa terhadap media pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 96% dengan kategori “sangat layak”. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis teknologi terbukti layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi ikatan kimia.
Copyrights © 2025