Penelitian ini mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis Virtual Reality (VR) menggunakan perangkat Oculus Quest untuk mendukung proses jelajah ruang kelas PAUD dan pengenalan objek dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan pengumpulan data objek dan ruang kelas, pembuatan model 3D menggunakan SketchUp, serta pengembangan lingkungan virtual interaktif dengan SimLab. Evaluasi aplikasi dilakukan melalui pengujian usability score (System Usability Scale/SUS) yang diisi oleh guru pengawas berdasarkan pengamatan anak usia dini saat menggunakan aplikasi. Hasil pengujian menunjukkan aplikasi mendapatkan skor rata-rata 78, yang termasuk kategori “Baik” (Good). Anak-anak menunjukkan antusiasme tinggi dan kemampuan mengenal objek dua bahasa meningkat secara signifikan melalui pengalaman immersive yang menyenangkan dan aman. Temuan ini menegaskan bahwa teknologi VR berbasis Oculus Quest efektif sebagai media pembelajaran bilingual bagi anak usia dini dan dapat meningkatkan motivasi serta pemahaman belajar secara interaktif.
Copyrights © 2025