Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 2 (2025): Mei - Juli

Pembangunan Sistem AI Berdasarkan Analisis Aktivitas Digital Untuk Mengidentifikasi Gaya Belajar Siswa

Suherwin, Suherwin (Unknown)
Rachmat, Rachmat (Unknown)
Said, Irfan (Unknown)
Asia, Siti Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Studi ini menyarankan untuk membangun sistem berbasis AI untuk mengidentifikasi gaya belajar siswa dengan menganalisis aktivitas digital mereka dalam sistem manajemen pembelajaran (LMS) atau platform pendidikan online lainnya. Sistem ini menggunakan algoritma pembelajaran mesin untuk memproses data seperti frekuensi login, pola interaksi konten, waktu yang dihabiskan untuk aktivitas, dan perilaku navigasi. Dengan memetakan perilaku ini ke dalam kerangka gaya belajar yang telah ditetapkan (misalnya, visual, auditori, kinestetik), sistem AI memberikan wawasan waktu nyata tentang preferensi masing-masing siswa. Efektivitas hasil pendidikan sangat dipengaruhi oleh keberagaman gaya belajar siswa, dan metode tradisional untuk mengidentifikasi gaya belajar sering kali bergantung pada kuesioner atau observasi manual, keduanya memakan waktu dan dapat dipengaruhi oleh bias.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...