Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 2 (2025): Mei - Juli

Analisis Usability pada Aplikasi Mobile Menggunakan Metode System Usability Scale

Kembaren, Muhammad Fajar Hidayah (Unknown)
Hadi, M.Rafif Syauqi Al (Unknown)
Aulia, Nur (Unknown)
Gibran, M. Khalil (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis usabilitas aplikasi mobile menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Pendekatan studi kepustakaan digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk jurnal penelitian lokal dan internasional, artikel ilmiah, serta penelitian sebelumnya yang relevan. Alat penelitian yang digunakan meliputi perangkat seluler, laptop, dan koneksi Wi-Fi untuk mengakses jurnal yang diterbitkan antara tahun 2020 hingga 2025, dengan memanfaatkan Google Scholar dan referensi terkait lainnya. Hasil analisis menunjukkan variasi tingkat usabilitas pada berbagai aplikasi, seperti Himfo (skor SUS 72,5, "Good"), Shopee (kecepatan aplikasi memengaruhi kepuasan, fitur memuaskan), aplikasi investasi digital Bibit (skor SUS 83,75, "Acceptable"), BRIMO (skor SUS 83,75, "Acceptable"), BTN Mobile (skor SUS 64,85, "Poor" namun "Marginal"), RSI Wonosobo ("GOOD"), website Shopee (skor 67,0833, "OK"), Sambara (rata-rata 76,1%, "Layak"), Growtopia (Grade Scale B, Adjective Rating Good), dan Sistem Informasi Manajemen AKN Pacitan (skor 71,48, "Acceptable"). Meskipun sebagian besar aplikasi menunjukkan tingkat usabilitas yang dapat diterima atau baik, beberapa di antaranya masih memerlukan peningkatan fitur atau perbaikan pada aspek yang dianggap rumit oleh pengguna. Penelitian ini memberikan gambaran komprehensif tentang penerapan SUS dalam evaluasi usabilitas aplikasi mobile dan mengidentifikasi area potensial untuk perbaikan guna meningkatkan pengalaman pengguna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...