Permasalahan pembelajaran matematika khususnya materi fungsi kuadrat seringkali dihadapi peserta didik dengan kurangnya motivasi dan kemampuan penalaran yang memadai, sehingga diperlukan inovasi dalam model pembelajaran yang mampu mendorong peningkatan capaian belajar dan aspek motivasi peserta didik. Sehingga, tercipatalah urgensi untuk membuktikan efektivitas penggunaan software Desmos dalam mendukung pembelajaran matematika yang lebih menarik dan bermakna. Penelitian bertujuan guna mengetahui pengaruh model PBL berbantuan software Desmos terhadap kemampuan penalaran matematis dan Self-Determination. Metode dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimental dengan post-tes only control design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Data yang diambil ialah tes berjumlah 10 soal guna mengukur 4 indikator kemampuan penalaran matematis dan angket Self-Determination berisi 15 pernyataan yang mengukur 3 aspek dengan menggunakan skala Likert 1 hingga 5. Variabel penelitian ini diantaranya variabel independen dan dependen. Variabel independen yaitu pembelajaran dengan model PBL berbantuan software Desmos. Variabel dependen terdiri dari 2 variabel yaitu kemampuan penalaran matematis dan Self-Determination. Sebelum menyimpulkan hasil, dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap instrumen, serta uji normalitas serta homogenitas data. Uji statistik yang dipergunakan meliputi uji-t guna melihat pengaruh setiap variabel. Hasil yang diperoleh ialah terdapat pengaruh model PBL berbantuan software Desmos terhadap kemampuan penalaran matematis dan Self-Determination.
Copyrights © 2025