AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 14, No 2 (2025)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AR (AUGMENTED REALITY) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Sartika, Nenden Suciyati (Unknown)
Risya, Hilfi Villar (Unknown)
Yunitasari, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Media pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting pada proses pembelajaran untuk meningkatkan minat, motivasi serta ketertarikan peserta didik terhadap pelajaran yang disampaikan. Namun pada kenyataannya menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, media yang digunakan oleh guru ketika proses pembelajaran belum meningkatkan minat peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Matematika berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan, jenis penelitian ini merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan ialah model pengembangan ADDIE, model ini memiliki lima tahapan, yang pertama Tahap Analysis, yang kedua Tahap Design, yang ketiga Tahap Development, yang keempat Tahap Implementation, dan yang terakhir ialah Tahap Evaluation. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Matematika berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar berhasil dikembangkan dan mendapatkan nilai dengan kriteria sangat layak berdasarkan penilaian dari beberapa ahli dan Respon Peserta Didik. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya menggunakan media pembelajaran ketika dikelas agar bisa lebih meningkatkan minat belajar peserta didik.Instructional media plays a crucial role in the learning process by enhancing students' interest, motivation, and engagement with the lessons presented. However, in practice, the teaching materials used by teachers during lessons often fail to increase students' interest. This research and development study aims to produce and assess the feasibility of AR (Augmented Reality)-based Mathematics Instructional Media on the topic of Three-Dimensional Shapes. This study is a type of Research and Development, which is a research method used to create a specific product and test its effectiveness. The Research and Development model employed in this study is the ADDIE development model, which consists of five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Based on the results of this research and development, it can be concluded that the AR-based Mathematics Instructional Media on the topic of Three-Dimensional Shapes was successfully developed and received an excellent rating according to the assessments from various experts and student responses. The implication of this study is the importance of using instructional media in the classroom to enhance student’s learning interest.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...