Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 6 No. 4 (2025): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan, Dan Penjualan Personal Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia Medan)

Lefrand, Jason (Unknown)
Calvin (Unknown)
Holfian Daulat Tambun Saribu (Unknown)
Rintan Br Saragih (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2025

Abstract

Yamaha menghadapi persaingan yang ketat dengan Honda, yang terus mendominasi pasar. Tingkat keputusan pembelian produk Yamaha yang rendah dipengaruhi oleh beberapa faktor penting seperti citra merek, kepercayaan konsumen, dan strategi penjualan yang diterapkan. Produk Yamaha masih dianggap kurang efisien dalam hal konsumsi bahan bakar, memiliki harga yang lebih tinggi, dan ketersediaan suku cadang yang terbatas. Di sisi lain, Honda lebih dipercaya oleh konsumen karena dianggap unggul dalam aspek-aspek tersebut. Selain itu, strategi penjualan langsung Yamaha belum diterapkan secara efektif dalam menjangkau pasar potensial. Studi ini menggunakan populasi yang terdiri dari seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia yang membeli sepeda motor Yamaha pada tahun 2023. Meskipun jumlah populasi yang tepat tidak diketahui, ukuran sampel ditentukan menggunakan rumus Lemeshow dengan margin kesalahan sepuluh persen, menghasilkan 96 responden sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha. Kepercayaan juga memiliki efek positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Demikian pula, penjualan langsung menunjukkan pengaruh positif dan signifikan. Secara keseluruhan, citra merek, kepercayaan, dan penjualan langsung bersama-sama memiliki efek signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...