Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 5 No. 3 (2025): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2025 (3)

Inovasi Pembelajaran STEAM Berbasis Al-Qur’an di SMP IT Al-Qalam Bengkulu Selatan

Tambunan, Zulham Luthfi (Unknown)
Ulhaq, Farhan (Unknown)
Astuti, Winda (Unknown)
Asiyah, Asiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi model pembelajaran STEAM berbasis Al-Qur’an di SMP IT Al-Qalam Manna, Bengkulu Selatan, sebagai upaya membangun sinergi antara ilmu pengetahuan modern dan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif eksploratif melalui beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pengumpulan data, analisis data, dan penyimpulan hasil. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi untuk menggali informasi secara mendalam sesuai dengan fokus penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa pendekatan ini berhasil menciptakan ekosistem pembelajaran yang holistik dan bermakna. Integrasi ayat-ayat kauniyah dalam materi sains dan teknologi menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber epistemologis, bukan sekadar simbol moralitas. Proses pembelajaran dirancang secara interdisipliner dan berbasis proyek, yang menggabungkan aktivitas ilmiah dengan refleksi spiritual, memperkuat motivasi intrinsik dan kesadaran siswa sebagai khalifah di bumi. Respon siswa sangat positif; mereka merasa proses belajar menjadi lebih kontekstual, aplikatif, dan menyentuh sisi emosional dan spiritual. Meskipun terdapat tantangan seperti kurangnya modul pembelajaran dan kebutuhan peningkatan kapasitas guru, dukungan manajemen sekolah menjadi faktor kunci keberhasilan inovasi ini. Pendekatan ini terbukti mampu mengembangkan keterampilan abad ke-21 sekaligus membentuk karakter Qur’ani yang kuat, dan berpotensi untuk diadaptasi di berbagai jenjang pendidikan sebagai model pendidikan Islam yang progresif dan relevan di era modern.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...