Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menerapkan model Project-Based Learning (PjBL) yang berbasis video TikTok sebagai sumber belajar guna meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII E SMPN 3 Mande. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen jenis pretest-posttest control group. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes menulis teks deskripsi dengan indikator penilaian yang mencakup: (1) struktur teks, (2) kaidah kebahasaan, dan (3) kejelasan isi dalam menggambarkan objek. Penelitian ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang memperoleh perlakuan berupa model PjBL berbasis video Tik Tok dan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan yang sama. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar kedua kelompok. Analisis data menggunakan uji Mann–Whitney mengungkapkan bahwa penerapan model PjBL berbasis video Tik Tok memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi siswa.
Copyrights © 2025