Penelitian ini memiliki tujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Mobile Learning Oodlu berbasis Game Edukasi terhadap minat belajar IPA pada siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Lempangang Kabupaten Gowa. Penelitian ini mempergunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, jenis desain pre-eksperimen, model one group pretest posttest. Seluruh siswa kelas VII MTS Muhammadiyah Lempangang Kabupaten gowa yang terdiri dari 3 kelas dengan total 84 siswa menjadi populasi di penelitian ini. Sampel yang dipergunakan yaitu seluruh siswa kelas VII. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen berupa angket. Analisis data dilakukan dengan pendekatan statistik deskriptif serta statistik inferensial yang dibantu dengan sofware SPSS versi 26. Hasil analisis memperlihatkan terdapat peningkatan signifikan pada minat belajar siswa, dengan perolehan nilai rata-rata meningkat dari 67,86 menjadi 79,76. Hasil pengujian hipotesis dengan one-sample Kolmogorov-Smirnov test selanjutnya menguatkan hasil temuan, dengan nilai signifikansi 2-tailed diperoleh sejumlah 0,000 yang terdapat bawah ambang batas 0,05. Maka, ditolak dan diterima, yang mengindikasikan terdapat pengaruh yang positif dari aplikasi Mobile Learning Oodlu berbasis Game Edukasi terhadap Minat Belajar IPA Siswa. Jadi, aplikasi Mobile Learning Oodlu berbasis Game Edukasi terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Minat Belajar IPA Pada Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Lempangang Kabupaten Gowa.
Copyrights © 2025