DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Vol. 6 No. 2 (2025): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial

Wacana Inklusivitas yang Absen: Analisis Kritis Peraturan Gubernur NTT No. 25/2024 tentang Kurikulum Muatan Lokal

Langkameng, Oce Antipas (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Artikel ini menyajikan sebuah telaah kritis terhadap Peraturan Gubernur Nusa Tenggara Timur Nomor 25 Tahun 2024 tentang Kurikulum Muatan Lokal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan Analisis Wacana Kritis Fairclough.   Temuan penelitian ini menyoroti adanya ketimpangan kekuasaan simbolik dan struktural yang tertanam dalam teks kebijakan, serta memperlihatkan bagaimana kebijakan bahasa dapat berfungsi sebagai instrumen marginalisasi sosiolinguistik. Artikel ini ditutup dengan seruan untuk melakukan reorientasi paradigma dalam pengembangan kurikulum lokal yang berpusat pada prinsip inklusivitas, berbasis komunitas, serta mengintegrasikan pendekatan pendidikan multibahasa yang menjadikan keberagaman linguistik sebagai sumber daya pedagogis sekaligus budaya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

diksi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan ...