Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 7 (2025): JULI 2025

KECANDUAN GADGET DAN DISTRAKSI BELAJAR: Terapi pendidikan ruhani dalam kehidupan siswa

Nurul Fadila (Unknown)
Ikrima Qurrotul ‘Aini (Unknown)
Sheila Hariry (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Artikel ini membahas fenomena kecanduan gadget dan distraksi digital yang kian mengakar dalam kehidupan siswa serta dampaknya terhadap keseimbangan belajar dan kesehatan spiritual. Penggunaan gadget yang tidak terkontrol mengakibatkan menurunnya fokus, produktivitas belajar, serta keterasingan ruhani karena terputusnya koneksi dengan nilai-nilai transendental. Melalui pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka, artikel ini mengkaji pentingnya pendidikan ruhani sebagai terapi holistik untuk membina kesadaran diri dan spiritual siswa. Pendidikan ruhani tidak hanya menekankan pembatasan perilaku, tetapi juga menyentuh aspek batin melalui praktik reflektif, dzikir, tadabbur, dan pembinaan karakter. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai ruhani dalam proses pendidikan, siswa dapat membangun ketahanan spiritual yang memungkinkan mereka menggunakan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...