Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berhitung perkalian peserta didik dengan menggunakan media batang napier yang dilaksanakan di kelas IV SDN 3 Haruman. Latar belakang masalahnya adalah rendahnya keterampilan berhitung peserta didik khususnya pada materi operasi hitung perkalian bilangan cacah yang menyebabkan peserta didik kesulitan untuk belajar ke materi selanjutnya dan mendapat nilai dibawah KKM. Metode penelitian ini adalah kuantitatif pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest sampel yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan hipotesis. Hasil observasi memperoleh 75% menunjukkan bahwa penggunaan media batang napier terlaksana dengan baik, respon dari peserta didik sebesar 83% sehingga mendapat kategori baik dan berdasarkan hasil uji hipotesis posttest setelah diberikan perlakuan mendapat nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, persentase uji efektivitas sebesar 82, 6068 mendapat kategori efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada efektivitas penggunaan media batang napier terhadap keterampilan berhitung perkalian matematika”.
Copyrights © 2025