Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5, No 2 (2025): Juli

Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran PKN

Amelia, Muhlisatil (Unknown)
Yusnadi, Yusnadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model problem-based learning (PBL) dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Metode penelitiannya menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) 293 Tanah Kongkong yang berjumlah 11 siswa, 9 laki-laki dan 2 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentasi keaktifan belajar siswa meningkat mulai dari siklus pertama hingga siklus kedua. Siklus pertama, persentase keaktifan siswa sebesar 63 persen dan pada siklus kedua semakin meningkat menjadi 80 persen. Selanjutnya persentase keterlaksanaan pembelajaran pada siklus pertama sebesar 70 persen dan pada siklus kedua sebesar 85 persen. Dari hasil rata-rata pada siklus kedua tampak bahwa keaktifan belajar dan keterlaksanaan PBL terkategori sangat baik karena sama-sama mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL sangat cocok untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa SDN 293 Tanah Kongkong Jalan Sultan Hasanuddin Kabupaten Bulukumba.Kata KunciI: Aktivitas Belajar; Aktivitas Siswa; Pembelajaran Berbasis Masalah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...