Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Think Talk Write (TTW). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024, yaitu pada bulan Juli-Agustus 2023. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV UPTD SD Negeri 1 Barru yang terdiri dari 27 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa dalam kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dalam kelas. Data dianalisis secara deskriptif diperoleh melalui penugasan kelompok sebagai data utama dan lembar evaluasi diakhir siklus. Pada akhir siklus diperoleh peningkatan hasil belajat siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Writer. Dengan demikian penggunaan pembelajaran kooperatif tepe Think Talk Writing (TTW)  dalam mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SD dan dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran di kelas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025