Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5, No 2 (2025): Juli

Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV

Pratiwi S, Tyara (Unknown)
Nasaruddin, Nasaruddin (Unknown)
Anugrawati, Anugrawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Think Talk Write (TTW). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024, yaitu pada bulan Juli-Agustus 2023. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV UPTD SD Negeri 1 Barru yang terdiri dari 27 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa dalam kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dalam kelas. Data dianalisis secara deskriptif diperoleh melalui penugasan kelompok sebagai data utama dan lembar evaluasi diakhir siklus. Pada akhir siklus diperoleh peningkatan hasil belajat siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Writer. Dengan demikian penggunaan pembelajaran kooperatif tepe Think Talk Writing (TTW)  dalam mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SD dan dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...