Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Deteksi Dini Masalah Emosi dan Perilaku Siswa SMP

Yulizah, Yulizah (Unknown)
Asiani, Gema (Unknown)
Randana, Muhammad Prima Cakra (Unknown)
Fanada, Merry (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Masalah emosi dan perilaku yang terjadi pada kalangan siswa di sekolah semakin mendapat perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Emosi dan perilaku yang tidak terkendali dapat mempengaruhi proses belajar mengajar, hubungan sosial antar siswa, serta perkembangan mental dan emosional siswa itu sendiri. Deteksi dini terhadap perubahan emosi dan perilaku pada siswa SMP menjadi langkah krusial dalam upaya pencegahan masalah psikologis yang lebih serius. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya analisis deteksi dini emosi dan perilaku siswa SMP di Kecamatan Semende Darat Ulu Tahun 2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VIII sebanyak 145 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik total populasi. Penelitian dilaksanakan pada Bulan April – Mei 2025. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan antara gejala emosional (p = 0,000), tidak ada hubungan antara masalah perilaku siswa (p = 0,127), hiperaktivitas siswa (p = 0,865), perilaku propososial (p = 1,000), dan masalah teman sebaya (p = 1,000) dengan emosi dan perilaku siswa SMP di Kecamatan Semende Darat Ulu tahun 2025. Disarankan dalam pengendalian emosi dan perilaku siswa remaja SMP, perlu dilakukan pembinaan secara rutin dan berkelanjutan dalam rangka pemantauan kondisi kesehatan emosional siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...