Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komik Strip Pada Mata Pelajaran Anekdot

Gustianingrum, Devita (Unknown)
Abror, Muchlas (Unknown)
Zuhdi, Rasyid (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif berbasis komik strip yang layak, mudah dalam penggunaan, kejelasan pesan, dan kemenarikan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini merupakan media pembelajaran berbasis komik strip pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas X. Validasi dilakukan oleh ahli isi atau materi, ahli media, dan kelompok peserta didik. Seluruh data yang diperoleh dianalisis menggunakan instrumen berupa tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis komik strip ini dapat dikatakan “layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran di MAN 2 Kebumen pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan validasi : (1) Ahli isi atau materi pembelajaran mendapatkan prosentase rata-rata sebesar 100%, (2) Ahli media pembelajaran memperoleh prosentase rata-rata sebesar 77,30%, (3) Uji coba kelompok kecil untuk memberi respon terhadap produk yang dilakukan oleh peserta didik sebanyak 10 peserta didik memperoleh prosentase sebesar 82,8% dan uji coba kelompok besar yang dilakukan sebanyak 25 peserta didik memperoleh prosentase sebesar 85,04%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...