Transformasi TIK secara intrinsik telah mengubah banyak sektor, termasuk industri pariwisata. Ini mengubah struktur industri dan mengembangkan peluang unik dan terkadang tantangan. Jurnal ini berfokus pada pentingnya Teknologi Komunikasi Informasi dalam meningkatkan pengalaman Pariwisata sambil merangkul gagasan alienasi dalam pariwisata yang mendukung TIK. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan tinjauan dokumen untuk mengumpulkan data yang paling tepat. Sementara itu, pendekatan eksplorasi digunakan untuk menganalisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan TIK dapat mengasingkan orang dari norma-norma interaksi yang menguntungkan, yang kemudian memicu keterpisahan. Namun, TIK juga membawa nuansa lain ke ranah pariwisata. Ketersediaan data yang dibagikan secara online oleh konsumen yang terdiri dari informasi yang heterogen dapat dijadikan wawasan bagi operator pariwisata dalam mengembangkan produk pariwisata, memahami permintaan pelanggan dan motivasi wisatawan dalam mengunjungi tempat-tempat tertentu, mengukur kegiatan wisata, dan memprediksi tren masa depan dalam industri pariwisata.
Copyrights © 2025